Manfaat Obat Herbal Untuk Pengobatan – Herbal telah memainkan peran utama dalam pengobatan selama ribuan tahun. Setiap adat serta setiap sistem penyembuhan, dari Ayurveda sampai Penyembuhan Tradisional Cina, sudah menggunakan herbal untuk tujuan terapeutik. Ada ribuan ramuan dengan ribuan kegunaan yang berbeda, banyak yang digunakan dalam pengobatan konvensional serta untuk pengobatan alami.

Herbal banyak digunakan saat ini, dalam teh, vitamin, dan suplemen alami. Sementara manfaat obat herbal sangat luas, penting untuk memahami dasar obat herbal.

Obat herbal, juga disebut obat botani atau phytomedicine, mengacu pada penggunaan biji tanaman, berry, akar, daun, kulit kayu, atau bunga untuk keperluan pengobatan. Herbalisme memiliki tradisi panjang penggunaan di luar obat konvensional. Ini menjadi lebih utama karena peningkatan dalam analisis dan kontrol kualitas, bersama dengan kemajuan dalam penelitian klinis, menunjukkan nilai obat herbal dalam mengobati dan mencegah penyakit.

Baca Juga:

Menurut sebuah artikel tentang obat herbal oleh WHO “Obat-obatan herbal tradisional terjadi secara alami, zat yang berasal dari tumbuhan dengan minimal atau tanpa proses industri yang telah digunakan untuk mengobati penyakit dalam praktik penyembuhan lokal atau regional. Obat-obatan herbal tradisional mendapatkan perhatian yang signifikan dalam perdebatan kesehatan global. Di Cina, obat herbal tradisional memainkan peran penting dalam strategi untuk mengandung dan mengobati sindrom pernapasan akut (SARS).

Baca Juga: Cara Merawat dan Memulihkan Kesehatan Organ Reproduki

Susan Tanner, M.D. yang berbicara tentang manfaat obat alami mengatakan bahwa orang telah melakukan pengobatan alami selama berabad-abad. Sebelum munculnya teknologi modern, dokter dan pasien mereka harus mengandalkan teknik alami dan obat herbal untuk mengobati penyakit atau menyembuhkan cedera. Semuanya mulai dari flu biasa hingga kondisi yang mengancam jiwa seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung telah dinyatakan berhasil diobati tanpa menggunakan peralatan medis modern.

Tanner menyatakan di blognya mengapa Anda harus mempertimbangkan pengobatan alami:

  • Tidak ada efek samping yang berbahaya.
  • Obat- obatan farmasi sering menimbulkan respon kurang baik pada pasien yang meminumnya, serta bagian terburuknya merupakan industri yang memproduksi obat ini kerap melakukannya tanpa mengetahuinya.
  • Obat herbal memanfaatkan proses penyembuhan alami tubuh untuk mengobati kondisi. Bahan yang digunakan adalah yang diproduksi secara teratur di dalam tubuh.
  • Hemat biaya. Salah satu kelemahan utama kedokteran modern adalah biayanya. Tidak jarang bahkan obat-obatan farmasi generik menelan biaya ratusan dolar. Perjalanan ke ruang gawat darurat untuk mengobati sakit kepala, misalnya, dapat dengan mudah menghabiskan banyak uang. Anda juga dapat membeli sebagian besar obat herbal tanpa resep, yang berarti Anda tidak perlu memiliki asuransi kesehatan yang mahal.

Baca Juga: Fakta Nutrisi dari Cuka Beras untuk Kesehatan

Dalam penelitian untuk posting blog ini kami menemukan keuntungan lain termasuk:

Ada sejumlah keuntungan yang terkait dengan penggunaan obat-obatan herbal dibandingkan dengan produk farmasi. Seperti:

  • Mengurangi risiko efek samping: Sebagian besar obat-obatan herbal ditoleransi dengan baik oleh pasien, dengan konsekuensi yang tidak diinginkan lebih sedikit daripada obat-obatan farmasi. Herbal umumnya mempunyai dampak samping lebih sedikit dari obat tradisional, serta mungkin lebih nyaman untuk dipakai seiring waktu.
  • Efektif dengan kondisi kronis: Obat-obatan herbal cenderung lebih efektif untuk keluhan kesehatan jangka panjang yang tidak merespon dengan baik terhadap obat tradisional.
  • Biaya lebih rendah: Keuntungan lain untuk obat herbal adalah biaya. Biaya herbal jauh lebih murah daripada obat resep. Penelitian, pengujian, dan pemasaran menambah biaya obat resep. Herbal cenderung lebih murah dibandingkan dengan obat-obatan.
  • Ketersediaan luas: Manfaat lain dari obat-obatan herbal adalah ketersediaannya. Herbal tersedia tanpa resep dokter. Anda dapat menanam beberapa ramuan sederhana, seperti peppermint dan chamomile, di rumah. Di beberapa bagian dunia yang terpencil, herbal mungkin merupakan satu-satunya pengobatan yang tersedia untuk sebagian besar orang.

Hal ini dinyatakan dengan baik oleh Dr. Tanner. Obat alami dipahami secara luas untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk menangkal penyakit. Peningkatan imunitas dan keadaan sehat secara keseluruhan dapat dengan mudah dicapai dengan perawatan lanjutan.